Gethuk, asale soko telo… Nah itu adalah sepenggal lagu dalam bahasa Jawa yang sudah tidak asing lagi di telinga kita ya Bun.. Dan bukan hanya lagunya saja yang sudah familiar, tapi getuk nya pun semua pasti kenal. Ya.. Makanan dengan rasa manis yang terbuat dari singkong. Kali ini kita buat getuk yu Bun..

Kemarin waktu belanja, di tukang sayur ada singkong. Sambil belanja kepikiran, enaknya singkong dibikin apa ya? Pengen buat yang beda, ngga cuma di goreng atau direbus pakai gula merah. Niatnya aku mau bikin buat tajil nanti. Ehhh tiba-tiba keingetan aja sama makanan yang satu ini, getuk. Akhirnya tanpa ragu-ragu langsung aja aku beli 1 kg singkong yang harga nya cuma Rp 3.500,- . Wuah murah meriah ya Bun. Bisa dapat banyak lagi. Oya, jangan lupa juga untuk beli kelapa parut ya, aku beli 1/2 butir aja. 

Kalau ditanya udah pernah buat getuk belom? Belummm.. Hehe.. Ini pertama kalinya aku buat. Dari hasil baca-baca diinternet, mengumpulkan beberapa resep, akhirnya muncul kesimpulan, seperti mudah. Dan setelah dicoba, memang mudah buatnya. Singkong nya dikukus, terus dihancurin, terus ditambahin gula dan kelapa parut. Udah jadi. Mudah kan?

Untuk pertama kali coba, aku buat 1/2 kg singkong dulu. 1/2 kg nya untuk dibuat besok lagi. Alhamdulillah jadi tanpa ada kendala. Lancar carrr.. Jadilah getuk ini sebagai salah satu menu buka puasa bersama keluarga kecil ku. Bahkan sebelum waktu berbuka, si kembar Arka-Bintang yang baru berusia tiga tahun bersama teman-teman kecilnya, sudah dengan senang hati  menikmati getuk buatanku di rumah. Alhamdulillah Ramadhan berkah bisa berbagi kebahagiaan bersama orang lain. 

Penasaran gimana cara buatnya? Yuks kita intip resepnya Bun..

BAHAN :

  1. Singkong 1/2 kg
  2. Kelapa parut dari 1/2 butir kelapa. Pisahkan 3 sdm untuk campuran getuk. Sisanya untuk taburan getuk setelah jadi. 
  3. Gula merah 2 buah, disisir halus.
  4. Gula pasir 1 sdm
  5. Garam secukupnya
  6. Air 1/4 gelas  

CARA BUATNYA :

1. Masak air 1/4 gelas, masukkan gula merah dan gula pasir. Masak hingga semua gulanya larut. Lalu saring untuk memisahkan kotorannya.

2. Kukus kelapa parut selama 10 menit. 3 sdm untuk dicampur campur dengan adonan getuk. Sisa untuk taburan getuk setelah jadi. Untuk taburan, tambahkan kelapa dengan 1/2 sdt garam, aduk hingga rata.

3. Kupas singkong, potong dadu kecil-kecil. Lalu kukus hingga empuk. Tes dengan cara menusukkan garpu. Jika sudah empuk, angkat singkong. Selagi masih panas, hancurkan singkong hingga halus menggunakan ulekan yang dilapisi plastik. 

4. Setelah singkong halus, tambah gula merah dan gula pasir yang sudah dicairkan. Lalu tambahkan kelapa parut dan sejumput garam. Kemudian uleni adonan getuk hingga rata, halus, dan bisa dibentuk. Setelah itu ratakan getuk dan bentuk persegi. Diamkan selama 15 menit, lalu potong-potong sesuai selera. Dan getuk siap disajikan dengan taburan kelapa parut yang sudah dikukus. 

Advertisements