Di facebook, beberapa kali aku ketemu sama yang namanya tahu rambutan. Jadi penasaran cara buatnya.. Abis bentuknya lucu, unik gitu, jadi ngga bosen dech sama gorengan yang itu-itu aja.. Jadi hari ini rencananya aku mau buat menu buka puasa dengan tahu rambutan. Paginya, waktu belanja, tidak lupa aku beli bahan-bahan untuk membuat tahu rambutan. Bahan-bahannya ngga banyak ko, dan semua ada di tukang sayur, tahu sutra atau tahu putih, mie instan, dan terigu. 

Untuk isinya bisa dikreasikan dengan telur puyuh, bakso, atau sosis; disesuaikan dengan selera masing-masing. Di resep ini, untuk isinya aku pakai bakso karena kebetulan ada stok bakso di kulkas. Bagusnya bakso nya utuh satu buah, biar mirip sama biji buah rambutan. Tapi berhubung khawatir kurang untuk isinya, aku belah dech jadi dua, tapi jadinya kurang mantap rasa baksonya. Sedangkan untuk bumbunya, agar rasanya lebih enak, kita pakai bawang merah dan bawang putih. Tapu kalau lagi malas ulek bumbunya, aku pakai royco, garam, dan merica bubuk saja. Hehe.. Oya Bun, kalau bikin gorengan aku biasanya selalu menambahkan satu sendok makan tepung tapioka agar hasilnya lebih garing. Jadi disini aku menambahkan tepung tapioka juga, tapi ngga perlu banyak-banyak, cukup 1 sdm saja. 

Aku biasanya pakai tahu sutra karena teksturnya yang lembut dan rasa kedelainya yang kuat. Untuk mie instannya aku pakai sarimi duo. Oya Bun mie instan nya tidak perlu direbus dulu ya, cukup dihancurkan saja sampai jadi remukan kecil-kecil; dan untuk menempelkan mie nya, juga tidak perlu dicelupkan ke dalam kocokan telur, karena remukan mie nya bisa langsung menempel pada permukaan tahu.

Untuk satu buah tahu sutra yang berbentuk kotak, bisa jadi sekitar 20 buah dengan ukuran sebesar rambutan. Alhamdulillah, waktu pertama kali buat langsung laku tahunya. Hehe.. Pas pertama kali liat, anak-anak langsung penasaran gitu, dan langsung bersemangat untuk mencobanya. Rasa tahu sutra yang enak berpadu dengan kriuk kriuk renyah remukan mie instan yang garing. Belum lagi isian yang jadi biji rambutannya, menambah lengkap enaknya tahu rambutan ini. Apalagi kalau dinikmati dengan saus sambal.. Emmm… pokoknya begitu menggoda hati ingin segara memakannya..

Eitttt buat yang lagi berpuasa, tahan ya.. Nah daripada kebayang mulu bikin penasaran, mending langsung kita coba yu.. Resepnya..

BAHAN :

Tahu sutra 1 buah

  1. Bakso sapi 20 buah
  2. Terigu 3 sdm 
  3. Tepung tapioka 1 sdm
  4. Mie instan (sarimi duo) 1 bungkus
  5. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
  6. Bawang merah 3 siung
  7. Bawang putih 2 siung
  8. Merica bubuk 1/2 sdt
  9. Royco 1/2 sdt
  10. Garam 1/2 sdt

CARA BUATNYA : 

1. Haluskan bawang merah dan bawang putih.

2. Hancurkan tahu. Pakai tangan saja biar mudah. Tambahkan terigu, tepung tapioka, bumbu yang sudah dihaluskan, royco, garam, merica bubuk, dan daun bawang. 

3. Aduk menggunakan tangan hingga rata. Jika sudah rata, ambil sedikit adonan tahu, pipihkan, lalu isi dengan bakso. Kemudian tutup kembali, bentuk bulat. Lakukan hingga semua adonan tahu habis. 

4. Kemudian guling-gulingkan tahu bulat tadi di atas remukan mie instan dengan cara sedikit ditekan-tekan agar mie nya menempel pada tahu. 

5. Siapkan wajan, panaskan minyak goreng. Lalu goreng tahu dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan. Balik tahu, jima sudah matang angkat dan tiriskan. Tahu siap disantap. 

Advertisements