Anak-anakku suka sekali sama yang namanya cokelat. Kue apa pun yang rasanya cokelat pasti disantap dengan senang hati. Tak terkecuali kue kering yang satu ini, cookies cokelat. Tadinya cuma iseng-iseng, manfaatin bahan yang ada di dapur. Ehhh ternyata anak-anak suka, bahkan minta dibuatin lagi besoknya. 

Ceritanya, beberapa hari yang lalu di tempatku hujan dari pagi, jadi anak-anak ngga bisa main di luar rumah. Dari pagi sampai sore hanya bermain dan nonton TV di rumah saja karena cuaca gerimis-hujan-gerimis. Sempat reda hujannya, namun sayang pas banget anak-anak tidur siang. Dan pas bangun gerimis lagi. Duhhhh kasian ngga bisa main di luar seperti hari-hari biasanya. Padahal kelihatan banget mereka ingin sekali main di luar, sebentar sebentar buka pintu, ngecek hujan sudah berhenti apa belum. 

Akhirnya, aku berinisiatif mau membuatkan mereka kue, karena biasanya kalau aku bilang bunda mau buat kue, pasti mereka akan bersorak bahagia dan terus bertanya bunda mau buat kue apa. Senang karena bisa bantuin bunda nya bikin kue. Tapi bukannya bantuin, yang ada ngerecokin bunda nya. Haha.. 
Setelah dicek di dapur ada terigu, bahan ini mah emang pasti selalu siap sedia di dapur; ada telur, ada bubuk cokelat, ada royal palmia butter margarine (rencana bikin kastangel belum jadi-jadi. Hehe), ada gula. Mau bikin kastangel.. Kejunya belum beli, males juga mau keluar rumah, gerimis. Emmm akhirnya ingat, pernah iseng-iseng bikin cookies cokelat, tapi dulu pakainya margarin. Nah pas kebetulan ada butter margarine, kalau buat kue kering pakai ini pasti lebih enak, lebih lembut, lebih renyah, dan lebih empuk;  beda kalau hanya pakai margarin, teksturnya sedikit agak keras. Ya sudahlah kita langsung eksekusi…

Oya, sebelum mulai buat adonan, pertama-tama kita buat selai cokelat nya terlebih dahulu. Caranya, masak sedikit air, sekitar 1/3 gelas air. Masukkan 4 sdm gula pasir, aduk-aduk sampai gula hampir larut semua dengan air. Kemudian masukkan 3 sendok makan cokelat bubuk. Aduk-aduk sebentar saja. Sambil menunggu selai cokelat nya dingin, kita siapkan bahan-bahan lainnya. Harus benar-benar dingin ya Bun, kalau ngga nanti butter margarine nya mencair. Kalau aku Bun, untuk membuat kue memang lebih suka memakai cokelat bubuk, karena rasanya yang nyoklat banget, kuat banget rasa coklatnya. Biasanya aku pakainya van houten. Kenapa juga dibuat selai? Karena aku pakainya gula pasir, bisa juga sih kalau langsung mencampur cokelat bubuknya ke dalam adonan, tapi harus memakai tepung gula yang lebih banyak agar hasilnya manis. Untuk ukuran resep yang sama seperti yang aku tulis, memakai 5 sdm tepung gula. Atau jika ingin lebih praktis lagi, bisa memakai 3 sdm selai cokelat kemasan yang sudah jadi. 

Dan untuk telurnya, kita pakai kuning telurnya saja ya agar kuenya tidak keras. Nah untuk resepnya berikut ini ya Bun..

BAHAN :

  1. Terigu 8 sdm
  2. Kuning telur 1 butir
  3. Royal Palmia butter margarine 100 gr, 1/2 kemasan 200 gr.
  4. Cokelat bubuk 2 sdm
  5. Gula pasir 4 sdm 

CARA BUAT NYA :

1. Buat selai cokelatnya terlebih dahulu. Masak sedikit air, sekitar 1/3 gelas air. Masukkan 4 sdm gula pasir, aduk-aduk sampai gula hampir larut semua dengan air. Kemudian masukkan 2 sendok makan cokelat bubuk. Aduk-aduk sebentar saja. Matikan kompor. Biarkan hingga dingin. 

2. Siapkan wadah. Masukkan kuning telur dan butter margarine. Aduk menggunakan ballon whisk. Aduk sebentar saja, asal tercampur rata. 

3. Lalu masukkan selai coklat. Aduk lagi dengan ballon whisk hingga tercampur rata. 

4. Lalu masukkan terigu sedikit semi sedikit sambil diayak menggunakan saringan. Aduk menggunakan sendok makan atau sendok kayu. Lakukan hingga adonan padat dan bisa dibentuk. Jika kira-kira sudah bisa dibentuk, uleni sebentar saja dengan tangan; hanya sebentar saja ya Bun, agar adonannya benar-benar rata. 

4. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin agar kue nya tidak lengket ketika sudah matang. Ambil sedikit adonan. Lalu bulat-bulatkan. Lakukan hingga adonan habis. Kemudian satu per satu pipihkan adonan. Menggunakan kedua telapak tangan. Tekan bagian atas adonan dengan garpu hingga membentuk garis-garis di atas adonan yang sudah dipipihkan tadi. 

5. Panggang dengan api sedang adonan yang sudah dibentuk selama 25-30 menit. Jika sudah matang, angkat adonan. 

Advertisements