Alhamdulillah.. kita sudah melewati tiga hari di minggu pertama bulan Ramadhan. Biasanya nich, kalau ibu-ibu pasti sudah mulai sibuk menyiapkan menu untuk kue lebaran. Walaupun lebarannya masih lama ya Bun. Hehe.. Apalagi bagi para Bunda yang memang berniat membuat kue lebaran sendiri. Nah.. resepku kali ini bisa nich Bun jadi referensi untuk menu kue lebaran. Kita buat pastel mini yuks..

Menikmati pastel mini jadi mengingatkan aku pada masa kecil. Dulu kalau lebaran, ibu ku suka beli kue ini karena kue ini merupakan favorit anggota keluarga di rumah, terutama aku dan bapak. Bapak kalau menikmati kue pastel mini, pasti sulit untuk berhenti. Bisa-bisa satu toples abis sendiri sama bapak. Haha.. Bapak memang suka sekali ngemil. Makanya kalau beli ngga cukup  dech cuma 1 kg. 
Pastel mini isi abon memang membuat ketagihan ya Bun.. Perpaduan rasa kulitnya yang gurih dan abon yang enak, membuat lidah susah untuk berhenti menikmatinya. Waduhhhh rasanya kalau cuma sedikit kurang ya Bun.. Apalagi kalau anggota keluarga di rumah rame alias buanyak, kaya di rumahku. Emmm..jadi mikir, kalau beli habis berapa banyak ya.. Emmm.. lumayan juga ya bugdet nya kalau beli. Hehe.. Secara abonnya aja udah mahal. Jadi mending buat sendiri, jauh lebih hemat dan rasanya pun terjamin. 

Untuk bahan kulitnya sama dengan bahan pastel. Bahan utamanya terigu dan margarin. Namanya juga ade kakak ya Bun pasti sama lah ya bahannya. Hehe.. Kalau aku agar pastelnya garing, aku tambahkan tepung tapioka. 

Nah cara membentuknya juga sama. Adonan digilas agar pipih, beri isi , lalu tutup jadi paatel, kemudian pilin-pilin pinggiran kulitnya. Jadi dech.. Tapi bagi yang belum terbiasa olah raga jari buat pastel, mungkin akan sedikit pegel. Hehe.. Tapi lama-kelamaan juga akan terbiasa ko, kalau sudah terbiasa pasti bakalan cepet buatnya. Atau bisa juga menggunakan cetakan pastel mini Bun. Kalau aku memang terbiasa memilin tanpa cetakan.

Pada beberapa resep yang aku baca di internet, untuk memipihkan adonannya pakai gilingan mie, agar lebih mudah mendapatkan ketebalan adonan kulit yang tipis. Lalu kalau ngga punya gilingan mie bagaimana? Ternyata pakai rolling pin (rol kayu) juga bisa, bahkan pakai botol atau gelas juga bisa ko Bun. Karena rolling pin aku ada di rumah ibu, di Rawa Buaya, jadi buatnya pakai botol sirup. Caranya, bulatkan adonan sebesar satu kepalan tangan. Lalu pipihkan dengan digilas mengggunakan botol; gilas sampai tipis ya Bun. Setelah itu, cetak adonan tadi dengan menggunakan tutup botol atau alat apapun yang berbentuk bulat kecil. Lalu beri isi dan bentuk. Jadi sudah.. Mudahkan kan? 

Biasanya aku buat 1/4 kg terigu. Jadinya lumayan banyak, bisa satu toples. Dan biasanya ngga akan bertahan sampai satu hari, karena anak-anakku suka banget. Belum lagi bunda nya yang juga ikutan ngabisin, apalagi kalau pas ada si ayah. Hehe.. Buat pagi hari, ngga sampai sore toplesnya juga udah kosong. 

Nah daripada ngebayangin doang betapa enaknya kue pastel mini. Mending kita buat yuks… Mari kita ke dapur Bunda… Ini resepnya..

BAHAN :
Kulit :

  1. Terigu 1/4 kg
  2. Tepung tapioka 1sdm
  3. Margarin 5 sdm
  4. Garam 1/2 sdt
  5. Royco secukupnya
  6. Air 1 gelas (jangan dituang semua, disesuaikan saja; tuang sedikit demi sedikit, hanya sampai adonannya kalis)

Isi : abon satu bungkus

CARA BUATNYA : 

Kulit pastel : 

Siapkan wadah, masukkan terigu, margarin, garam, dan Royco. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk dengan menggunakan sendok makan ataupun sendok kayu. Jika dirasa sudah cukup airnya, hentikan, lalu uleni sebentar saja dengan tangan. Sebentar saja ya Bun, jangan seperti menguleni adonan roti. 

CARA BUAT PASTEL MINI :

1. Ambil satu genggam adonan. Lalu bulatkan. Kemudian pipihkan dengan digilas mengggunakan botol; gilas sampai tipis ya Bun. Setelah itu, cetak adonan tadi dengan menggunakan tutup botol atau alat apapun yang berbentuk bulat kecil dengan diameter sekitar 3 cm. Pisahkan adonan yang sudah berbentuk bulat kecil pipih. Ulangi hingga adonan habis. 

2. Kemudian beri isi abon secukupnya pada adonan yang sudah bulat tadi. Tutup pastel, lalu pilin-pilin bagian ujung kulit pastelnya. Lakukan hingga semua adonan habis.

3. Siapkan wajan. Panaskan minyak. Lalu goreng pastel mini. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Kemudian balik. Kalau sudah matang angkat. Tiriskan. Tunggu sampai benar-benar dingin, baru masukkan ke dalam toples. 

Advertisements